Monday, May 23, 2016

Susunan Acara Akad Nikah dan Resepsi Pernikahan

Susunan Acara Akad Nikah dan Resepsi Pernikahan - Susunan acara pernikahan adalah susunan acara yang berguna untuk mengatur jalannya prosesi pernikahan dari awal hingga akhir. Bisa dikatakan untuk mendapatkan acara pernikahan yang ideal dan berjalan lancar, susunan acara pernikahan sebaiknya diatur dengan sangat baik. Bagi yang harus mengadakan acara adat sebelum hari H biasanya akan dibedakan sendiri susunan acaranya. 

Susunan acara pernikahan modern biasanya terbagi menjadi dua yaitu susunan acara untuk akad nikahnya dan untuk susunan acara resepsi. 

Agar lebih jelas, sebaiknya Anda menyimak penjelasan mengenai Susunan Acara Akad Nikah dan Resepsi Pernikahan berikut ini:

Susunan Acara Pernikahan-Akad Nikah

Tentu saja dalam pernikahan hal terpenting adalah melaksanakan ijab qabul. Sebaiknya acara ijab qabul ini dijalankan sekitar 3 jam sebelum resepsi berlangsung. Susunan acara ijab qabul biasanya adalah seperti ini:

1. Hal-hal yang dilakukan pertama kali adalah seperti penyambutan mempelai pria oleh keluarga mempelai perempuan. Lalu menyerahkan seserahan. Setelah itu wakil dari kedua keluarga memberikan sambutan. 

2. Ijab qabul adalah hal berikutnya yang harus dilakukan. Dalam prosesi akad nikah ini calon pengantin pria dan perempuan didudukan di depan meja akad nikah dengan wali dari calon pengantin, para saksi dan juga penghulu. Prosesi ini akan dipimpin oleh penghulu.

3. Sebelum proses akad nikah terjadi, penghulu diwajibkan memeriksa semua data dan juga kelengkapan pendukung lainnya dalam pernikahan tersebut. Barulah setelah lengkap, prosesi ini dilanjutkan dengan ijab Kabul dan juga memandu wali nikah. 

4. Kemudian setelah ijab Kabul, dilanjutkan dengan menandatangani buku nikah. Lalu diikuti dengan saling memasangkan cincin kawin dan menyerahkan mas kawin. Begitu susunan tersebut selesai, dilanjutkan dengan penyampaian nasihat perkawinan dan juga doa.

5. Acara sungkeman adalah rangkaian berikutnya. Sungkeman ini dilakukan kedua mempelai untuk meminta restu pada kedua orangtua si mempelai berdua. 

Susunan Acara Pernikahan-Akad Nikah

Setelah akad nikah tentu saja, susunan acara pernikahan berlanjut ke resepsi. Berikut ini adalah susunan acara pernikahan modern untuk resepsi:

1. Biasanya sebagai pengisi di 30 menit pertama sebelum penyambutan pengantin ke pelaminan diisi dengan hiburan. Hiburan ini bisa berupa band, wedding singer atau organ tunggal. Tentu saja ini tergantung keinginan Anda dan pasangan.

2. Acara selanjutnya adalah pembukaan acara yang dilakukan oleh MC, dilanjutkan dengan sambutan kedua pengantin beserta dengan rombongannya. 

3. Berikutnya, kedua mempelai pria dan perempuan didudukan di pelaminan bersama dengan didampingi kedua orangtua. 

4. Susunan acara pernikahan berikutnya bisa diisi dengan tari-tarian adat yang menghibur para undangan. 

5. Baru setelah itu doa bersama.

6. Pemberian ucapan selamat kepada kedua mempelai pun diberikan setelah selesai berdoa. Biasanya pemberian ucapan selamat ini dilakukan oleh keluarga besar kedua mempelai.

7. Setelah itu, tamu undangan dipersilakan untuk menikmati hidangan yang sudah disediakan. Para undangan masih dihibur dengan hiburan seperti wedding singer atau organ tunggal.

8. Setelah semua susunan acara tersebut biasanya dilanjutkan dengan foto bersama yang diurutkan dan dimulai dari pihak keluarga besar terlebih dulu, baru kolega, sahabat dan teman-teman kedua mempelai.

9. Acara pun dinyatakan berakhir oleh MC setelah sesi pemotretan keluarga. MC lalu mengadakan penutupan. 

10. Susunan acara berikutnya adalah kedua mempelai turun dari pelaminan dan mengadakan ramah tamah hanya dengan kelurga saja. Di saat inilah keluarga besar bisa saling bersilaturahmi bersama sehingga kedekatan keluarga besar akan terjalin saat acara pernikahan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Susunan Acara Akad Nikah dan Resepsi Pernikahan