Monday, November 28, 2016

Persiapan Lamaran Pernikahan

Persiapan Lamaran Pernikahan
Persiapan Lamaran Pernikahan - Bagaimana konsep acara lamaran sederhana ? Setiap orang tentunya mempunyai sebuah impian tentang pernikahan sebab pernikahan ialah salah satu jenjang terbesar yang menghantarkan kita ke fase baru yang juga terpenting dalam hidup.

Namun, pernikahan bukanlah sebuah hal sederhana yang dapat dilakukan oleh siapa pun dan kapanpun. Pernikahan yang merupakan gerbang masuk ke kehidupan baru, memerlukan kesiapan total bagi siapapun yang ingin melaksanakannya.

Tidak hanya kesiapan mental dan usia yang cukup, tetapi juga kesiapan materi alias finansial yang juga menjadi faktor primer berjalan baiknya sebuah pernikahan. Selain itu, buat menjalani sebuah pernikahan, Anda juga harus melewati beberapa proses, yaitu mulai dari perkenalan, sosialisasi karakter masing-masing, hingga acara lamaran dan kemudian pernikahan.

Persiapan Lamaran Pernikahan

Salah satu acara krusial yang merupakan proses sebelum terlaksananya pernikahan ialah acara lamaran. Tidak seperti acara pernikahan, pasangan pada umumnya hanya menginginkan sebuah acara lamaran sederhana yang tak begitu ribet dan tak membutuhkan aturan yang begitu besar.

Rangkaian acara yang sederhana dalam proses pernikahan juga merupakan keputusan yang bijak sebab kehidupan yang layak setelah pernikahan akan membutuhkan aturan yang juga tak sedikit. Bagi Anda yang membutuhkan beberapa informasi tentang acara lamaran sederhana, informasi berikut ini mungkin dapat memberikan sedikit inspirasi.

Makna Acara Lamaran
Acara lamaran merupakan termin krusial sebelum pernikahan yang membuktikan keseriusan sang pria. Dalam acara lamaran, sang pria bermaksud buat berbicara kepada kedua orang tua atau wali wanita pujaan hatinya tentang keseriusannya buat menikah.

Apabila kedua orang tua atau wali si wanita telah setuju, maka akan ditentukan aplikasi proses berikutnya menuju ke jenjang pernikahan. Secara umum, acara lamaran terbagi menjadi dua, yaitu acara lamaran non formal dan formal.

1. Lamaran Non-Formal
Lamaran non-formal ialah acara lamaran yang dilakukan seorang diri oleh sang pria buat menyampaikan maksud hatinya yang ingin menikahi si wanita. Dalam acara lamaran non-formal ini, sang pria hanya seorang diri datang menemui kedua orang tua atau wali kekasihnya.

Kemudian, mereka membicarakan interaksi keduanya yang sudah cukup serius dan sang pria selanjutnya menyampaikan kesungguhan, serta kesiapannya buat menjalani kehidupan rumah tangga.

Ketika kedua orang tua atau wali si wanita telah menyetujui, kemudian mereka akan menentukan waktu di mana orang tua sang pria dapat datang dan melamar secara resmi atau formal.

2. Lamaran Formal
Sebagaimana istilahnya, lamaran formal ialah acara lamaran pihak pria kepada pihak wanita yang dilakukan secara formal atau resmi. Sudah ada dua keluarga besar yang berjumpa dan membicarakan planning pernikahan, seperti waktu pelaksanaan, tempat, serta bagaimana acara pernikahan akan dikemas.

Dalam acara lamaran formal ini, pihak pria biasanya telah membawa sejumlah hantaran yang akan menjadi pelengkap dalam acara pernikahan kedua calon mempelai.

Bagi mereka yang mengemas acara lamaran menjadi satu dengan acara pertunangan, sejumlah barang hantaran yang dibawa biasanya juga dilengkapi dengan sepasang cincin pertunangan.

Setiap daerah di Indonesia memiliki tradisi masing-masing dalam melaksanakan acara lamaran yang sebagian besar tata caranya berbeda antara satu daerah dan daerah lainnya.

Di beberapa daerah, acara lamaran formal dilakukan satu kali di waktu yang tak begitu jauh sebelum hari pernikahan. Selain itu, semua barang hantaran yang diperlukan juga dibawa dalam acara lamaran ini.

Di dalam acara lamaran ini, kedua keluarga juga membicarakan tentang kapan hari H pernikahan yang akan dilaksanakan, yang biasanya tak berselang lama setelah acara lamaran.

Namun, tak demikian halnya pada tradisi Jawa. Sebelum lamaran formal, terdapat juga acara lamaran semi formal yang disebut acara tembungan. Dalam acara ini, pihak pria belum membawakan hantaran sebab dalam acara ini pihak pria baru akan melamar dan menentukan waktu pernikahan. Acara lamaran formal yang disebut peningsetan biasanya dilaksanakan sehari sebelum hari H atau sebelum ijab qobul dilaksanakan.

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Acara Lamaran Sederhana
Meskipun tidak kalah krusial dengan acara pernikahan, pada umumnya acara lamaran dibuat sesederhana mungkin mengingat masih banyak biaya yang diperlukan hingga acara pernikahan berlangsung.

Dalam sebuah acara lamaran sederhana, biasanya hanya dihadiri oleh dua keluarga pasangan yang akan menikah saja, beberapa kerabat dekat, ketua RT, dan beberapa sahabat.

Acaranya pun dibuat simpel alias tak menggunakan prosesi adat yang cenderung lama dan membutuhkan persiapan yang cukup panjang serta dana yang tak sedikit. Agar semua acara lancar, Anda harus membuat sebuah daftar atau checklist yang berisi semua hal yang harus Anda dan pasangan persiapkan.

1. Cincin Lamaran
Bagi sebagian pasangan, acara lamaran juga merupakan acara pertunangan. Hal ini dilakukan buat menghemat waktu dan biaya, sehingga tak terlalu sering mengadakan acara. Tentu saja, sepasang cincin lamaran harus dipersiapkan sebelum hari lamaran.

Anda dapat memesan atau membelinya langsung di toko perhiasan. Agar mendapatkan cincin yang sinkron keinginan dengan ukuran dan model yang pas, Anda harus memilih buat memesan cincin lamaran tersebut. Cincin lamaran juga dapat digunakan kembali sebagai cincin pernikahan saat menikah nanti.

2. Hantaran atau Seserahan
Saat keluarga pria datang ke kediaman wanita, tentu saja mereka tak membawa tangan kosong. Ada beberapa hantaran yang diserahkan ke pihak wanita sebagai tanda pengikat dan sokongan buat melaksanakan pernikahan.

Secara umum, hantaran yang dibawa pihak pria ialah uang hantaran, perhiasan , baju lengkap dengan baju dalam, sepatu dan tas, keperluan buat berhias, seperangkat alat sholat, dan sebagainya. Bagi mereka yang masih berpegang pada tradisi adat, berbagai makanan tradisional dan sembako biasanya juga menjadi hantaran yang diserahkan.

3. Makanan
Di dalam sebuah acara, tentu makanan menjadi salah satu hal pokok yang harus dipersiapkan dengan baik. Anda dapat memilih buat masak sendiri atau memesan semua makanan agar tak terlalu repot.

Untuk jenis makanan, Anda harus mempersiapkan makanan kecil atau snack dan makanan inti, seperti nasi beserta lauk pauknya. Jika keluarga besar Anda dan pasangan terdiri dari banyak anggota, memesan makanan menjadi pilihan bijak agar tak terlalu sibuk sebelum acara berlangsung.

4. Akomodasi
Bagi pasangan yang tinggal di kota yang berjauhan, transportasi dan akomodasi juga merupakan poin krusial yang harus dipersiapkan. Untuk transportasi, keluarga pria dapat memilih beberapa pilihan transportasi generik atau menggunakan kendaraan pribadi.

Sedangkan buat akomodasi, pihak wanita harus mempersiapkan loka di mana keluarga pihak pria dapat menginap. Anda dapat mempersiapkan sebuah rumah yang dapat digunakan buat menginap atau memesan beberapa kamar di salah satu hotel terdekat.

5. Pakaian
Beberapa pasangan sangat mempersiapkan acara lamarannya dengan detil agar lebih mengesankan. Salah satunya ialah dengan mempersiapkan pakaian. Anda dapat mempersiapkan baju yang seragam ataupun tidak, sinkron dengan selera dan kemampuan.

Dengan catatan, baju yang dikenakan sebaiknya baju resmi, sang wanita menggunakan kebaya dan sang pria menggunakan beskap atau setelan jas.

Demikian uraian mengenai hal-hal yang berhubungan dengan acara lamaran sederhana yang sering kita lihat pada beberapa acara pernikahan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Persiapan Lamaran Pernikahan